Cara Mengubah Tombol Nomor Jadi Huruf Kembali di Keyboard Laptop

keyboard laptop
Tombol FN dan F3 diberi tanda anak panah, itu fungsinya mengaktifkan atau mematikan perangkat Wi-Fi. Tombol F3 terdapat logo Wi-Fi

Jika salah satu dari Anda memiliki laptop dan ketika Anda menekan tombol huruf mala berubah menjadi angka, harap jangan panik karena itu bukan kesalahan sistem atau keyboard rusak.

Selain itu hampir semua laptop baru ada tombol FN, dan sering saya jumpai teman-teman pada frustasi dengan laptopnya, hanya karena menekan huruf tapi yang muncul berupa angka.

Fungsi tombol FN cukup berguna saat ini karena berperan untuk mengatur, menghidupkan atau menonaktifkan perangkat keras yang terdapat pada laptop seperti Wi-fi, bluetooth, speaker dan lain-lain.

Misalnya saja jika ingin memperkecil atau menambah kecerahan layar laptop, maka tidak perlu masuk ke menu control panel, melainkan cukup tekan dan tahan tombol FN plus tombol kombinasi anak panah atas (menambah kecerahan layar) dan anak panah bawah (mengurangi kecerahan layar).

Namun cara ini tidak berlaku untuk semua laptop, karena pada laptop merk lain tombol FN mungkin berkombinasi dengan F1 atau F12, intinya diatasnya terdapat logo atau icon mulai dari F1-F12.

Tekan Tombol FN dan F11 Mengembalikan Huruf


Kembali ke inti topik, bila anda ingin menonaktifkan tombol angka atau nomor menjadi huruf kembali. Untuk melakukannya, Anda cukup tekan dan tahan tombol FN, lalu tekan tombol F11, yang memiliki deskripsi teks kecil disingkat numlk.

Cara ini mungkin berbeda dengan laptop merk lain, namun intinya agar angka tersebut tidak aktif atau muncul, lagi, dan fitur keyboard menjadi normal lagi.

Maka anda harus menekan dan menahan tombol FN dan mencari tombol kunci yang bertuliskan num lock dan biasanya disingkat seperti numlk di atas tombol keyboard.

Sekian dan semoga bermanfaat 



Tunjukkan apresiasi Anda dengan memberi sumbangan kecil atau Donasi Via Dana Untuk Secangkir Kopi.

Komentar