Fungsi Garis Kisi di Kamera Smartphone

Garis kisi di hp
Penampakan garis kisi di atas permukaan layar kamera smartphone.

Aku sebagai fotografer amatir sangat senang dan beruntung atas kehadiran kamera di smartphone dengan harga murah.

Berkat kehadiran kamera di smartphone, hobi fotografi menjadi lebih murah, dan mudah, walaupun kualitas hasil foto masih alakadarnya, tetapi bagiku itu sudah cukup  memuaskan.

Sekarang kamera ponsel punya beberapa fitur penting, mirip dengan kamera mahal, dan salah satu fitur tersebut, yakni gridlines atau garis kisi.

Garis kisi umumnya terdapat diatas permukaan layar kamera mahal dan smartphone.

Dalam dunia fotografi, ia lebih dikenal sebagai panduan fotografi untuk mengatur komposisi. Secara umum ia sebagai konsep rule of thirds.

Landscape laut
Berkat garis kisi, foto lanskap bisa dibuat dengan komposisi seimbang, menarik, dan tidak miring.

Fungsi Rule Of Thirds Atau Aturan Pertiga Dalam Fotografi


Aturan pertiga (Rule Of Thirds), adalah garis bantu (garis kisi-kisi) atau panduan dalam fotografi terdapat 9 kotak yang terbagi 3 kotak. (Lihat gambar pertama di atas).

Ia berfungsi memandu para fotografer untuk mengikuti garis pada subjek atau objek secara vertikal dan horizontal.

Selain itu, berkat garis kisi tersebut fotografer amatir, seperti saya dapat mencegah dari mengambil foto dengan komposisi kacau balau, seperti miring.

Selain itu, rule of Thirds merupakan konsep panduan dasar penting untuk dipelajari, karena ia bisa diterapkan di semua jenis fotografi untuk menghasilkan gambar yang lebih menarik dan seimbang.

Aku sering memanfaatkan garis kisi tersebut di kamera ponsel untuk fotografi landscape, dan sering pula meletakkan subjek di sebelah kiri atau kanan.

Dengan begitu orang yang melihat foto saya tidak kehilangan fokus karena ada area kosong, tidak miring atau seimbang.

Itulah fungsi dari garis kisi, ia berperan sebagai panduan bagi fotografer untuk menempatkan subjek dengan komposisi seimbang.

Menurut pendapat pakar fotografer profesional bahwa Rule of Thirds adalah salah satu konsep paling mendasar dalam seni komposisi dalam fotografi.

Ia juga merupakan pedoman, tapi bukan aturan baku, namun cukup membantu kita untuk mengatur banyak elemen dengan apik dalam sebuah adegan.

Haruskah semua foto disusun dengan menggunakan peraturan ini? Tidak, tentu saja tidak. 

Meskipun demikian, ini menawarkan beberapa gagasan bagus tentang bagaimana Anda bisa menembak foto sedemikian rupa sehingga kebanyakan orang akan menganggapnya sukses, menarik, dan artistik.

Rule of Thirds menyatakan bahwa ketika area gambar dibagi menjadi tiga bagian (lihat gambar pertama), elemen terpenting dari komposisi Anda harus ditempatkan di sepanjang sisi kanan kiri atau kanan vertikal dan/atau bagian atas dan ketiga horisontal bagian bawah sebagai tambahan.

Empat persimpangan dari garis-garis ini disebut "titik kekuatan atau titik ingin ditonjolkan." 

Di sinilah subjek harus ditempatkan untuk memberi penekanan, dan di sinilah pula mata secara otomatis melihat disitu.




Tunjukkan apresiasi Anda dengan memberi sumbangan kecil atau Donasi Via Dana Untuk Secangkir Kopi.