Tips Fotografi Foto Hitam Putih Keren Dan Dramatis

Foto lanskap hitam dan putih
Foto lanskap hitam dan putih dengan foreground batang kayu terdampar ini di jepret dengan kamera smartphone kelas menengah.

Aku sering melihat foto-foto hitam putih menarik punya para fotografer profesional yang bertebaran di internet, ternyata mereka menembak foto-foto tersebut dalam format RAW.

Tentunya itu, mereka menggunakan kamera mahal, dan kemudian mengeditnya menjadi foto hitam dan putih menarik.

Selain menggunakan kamera mahal dan menembak foto dengan format RAW, ternyata cuaca juga memengaruhi keindahan foto dan kondisi subjek yang akan diabadikan.

Potret bocah hitam dan putih
Seorang bocah sedang bermain di pantai ini di bidik dengan kamera handphone kelas menengah, di edit dengan Snapseed dan Lightroom Android.

Cuaca mendung adalah waktu terbaik untuk mendapatkan foto hitam putih dramatis, menarik, dan juga tergantung kondisi subjek, itu menurut pendapata para fotografer profesional.

Selain itu, foto hitam putih dengan hasil terbaik, bila diterapkan untuk foto potret orang dalam keadaan sedih atau dalam kondisi dramatis lainnya.

Setelah mempelajari teknik fotografi hitam putih di internet, saya menemukan beberapa cara mendapatkan foto hitam putih menarik dan dramatis, sebagai berikut:


1#. Tembak Foto dalam format RAW


Format RAW hanya terdapat di beberapa ponsel pintar mahal dan umum tersedia di kamera digital mahal.

Dan tentunya foto mentah tersebut harus di edit menjadi hitam putih dengan software editor foto yang mendukung format RAW.

2#. Tembak Foto Dengan Fitur HDR


Selain menembak dalam format RAW,  fotografer profesional juga merekomendasikan untuk mencoba menembak menggunakan fitur HDR.

Alasannya, foto akan tampak terang dinamis, dan setelah itu dirubah menjadi foto hitam putih menggunakan software editor foto.


3#. Ambil Foto Warna Ketika Mendung


Cuaca mendung memang agak dramatis karena memiliki kontras rendah, dan subjek yang bagus untuk diabadikan dalam fotografi landscape, seperti jembatan tua, batang kayu terdampar di pantai, dan sebagainya.

Dan latarbelakangnya, yakni langit yang diselimuti oleh awan gelap. Setelah itu foto warna tersebut di konversi menjadi hitam putih.

4#. Setting tingkat ISO pada nilai rendah


Noise atau bintik-bintik kecil halus berwarna putih akan tampak kentara sekali di foto hitam putih, tetapi di foto berwarna tidak begitu menonjol.

Fotografer profesional menyarankan kita untuk mengambil foto hitam putih dengan ISO nilai paling rendah.

Itulah beberapa cara membidik foto hitam dan putih menakjubkan dan tips lainnya, silahkan lakukan pencarian di mesin Google.

Aku sebagai fotografer amatir dan sampai saat ini masih menggunakan kamera smartphone, dan hanya mengikuti beberapa tips tersebut.

Adapun tips fotografi lanskap hitam putih yang sering saya ikuti, berburu foto ketika sedang mendung dan mengaktifkan fitur HDR.

Dan setelah itu, saya mengedit foto-foto tersebut menggunakan Snapseed dan Lightroom CC Android.



Tunjukkan apresiasi Anda dengan memberi sumbangan kecil atau Donasi Via Dana Untuk Secangkir Kopi.